2012/06/20

Tata Bahasa SMS atau BBM

Sedikit membagikan sudut pandangku mengenai tata tulisan atau bahasa untuk SMS atau BBM. Sebenarnya tidak banyak hal-hal yang bisa diutarakan, dalam topik kali ini, tapi benar bukan bahwa tata bahasa menunjukkan siapakah orang itu dan seperti apa sih orang itu?

Yahhh tentunya aku bukan orang yang pandai untuk menyusun kata-kata (wahahaha) tapi menurutku, bahasa untuk SMS dan BBM pun bisa mencerminkan karakteristik pengirimnya. Misalkan saja dari salesman tentulah bahasanya sopan dan menarik. Ketika aku mengirimkan sebuah pesan ke orang tua, tentulah menggunakan bahasa yang tidak dipersingkat contohnya, "Mami sayang lagi apa?". Berbeda untuk teman-temanku, "Hey kalian dmn? aku udh di kampus, aku tunggu di Pokim yaaa xD".
Bisa dilihat kan perbedaannya. Berbeda untuk siapa pesan tersebut dikirim tentu berbeda pulalah bahasa dan tata tulis yang digunakan. Jujur, kalau aku suka menggunakan emoticon  atau memperpanjang huruf vokal yang digunakan. Karena, menurutku itu membuat orang menjadi tau perasaan si pengirim. Makanya terdapat "kasus" (hahah kaya parah banget sih) di keluargaku ketika kakak laki-laki menawarkan makanan untuk Mami-ku untuk dibawa pulang, Mami menjawabnya di SMS, "Iya". Kakakku pulang dengan wajah cemberut dan menanyakan kesalahan apa yang telah diperbuatnya kepada Mami-ku sehingga beliau mengirimkan SMS seperti itu. Yah, semuanya hanya kesalahpahaman yang cukup membuatku belajar untuk hati-hati memilih bahasa, kalimat, kata, maupun huruf.

Quote hari ini hmm My sense of humor is on top of a tree, so I can see the mountain and the depth of the ocean.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar